Hak Harta Orang Lain

21.06

Harta adalah karunia Allah yang diamanahkan kepada kita sebagai pemiliknya. Namun, apakah kalian tahu, dibalik limpahan rezeki berupa harta. Ternyata ada harta orang lain yang Allah titipkan lewat kita.

Contoh kasus pengalaman saya sendir. Bulan ini saya ingin sekali beli laptop baru.  Karena memang sudah didesak kebutuhan, saya paksakan untuk membeli laptop walau uang makan harus dipangkas habis. Secara nominal saya hanya menyisakan uang yang tidak banyak, hanya cukup untuk makan sampai akhir bulan. Minta bantuan mama tentu tidak mungkin. Sebisa mungkin harus cukup sampai ketemu gaji bulan depan.

Singkat cerita kemarin saya menolong bapak-bapak tua yang membutuhan uang. Walaupun saya tidak pernah kenal atau ketemu sebelumnya. Bapak ini tidak meminta bantuan. Namun, hati ini merasa tergerak karena ini menyangkut nyawa orang lain. Bapak tersebut hanya ingin membelikan obat untuk anaknya yang sedang sakit.

Lalu saya berikan uang yang saya punya walau sedikit. Alih-alih saya tidak bisa makan dengan diberikan uang tersebut. Namun, atas kuasa Allah rezeki saya muncul dari mana saja. Rezeki yang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya. Dari mulai rezeki makanan sampai teman yang bayar piutang setelah sekian lama. Dan tak pernah saya harapkan kembalinya atas pinjaman tersebut.

Atas kejadian ini saya kembali diingatkan. Karena memang Allah telah menitipkan hak harta orang lain kepada saya. Dan itu hanya akan mengurangi nominal namun akan mendapatkan keberkahan. Percuma jika kita diberi harta banyak namun tetap merasa kurang. Ini telah saya buktikan sendiri The Power of Sedekah. Karena sedekah tidak akan membuatmu miskin malah akan membuatmu semakin kaya. Itu janji Allah, dan janji Allah itu pasti.

"Katakanlah,'Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki diantara hamba-hamba-Nya.'Dan apa yang kamu infaqkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba' : 39)

Dhita Aristiariny
Karena harta yang Allah amanahkan kepadaku terdapat hak orang lain didalamnya, maka ingatkanlah aku untuk memenuhi hak itu
Hari ke-16 #30DWC

You Might Also Like

0 komentar