Broken Home

20.21

Tak usah merasa diri Tuhan tidak adil
Karena satu hal yang telah terjadi
hayati dan carikan solusi
Jangan jadi diri yang merasa menderita saat ini

Broken home adalah istilah untuk keadaan suatu keluarga yang tidak semestinya. Situasi tersebut dapat mempengaruhi psikologi anak. Kurangnya perhatian dari orangtua atas ini menjadi penyebab mental anak menjadi frustasi, brutal bahkan gangguan jiwa. Broken home tidak hanya dialami mereka anak korban perceraian orangtua, bahkan mereka yang memiliki orangtua lengkap dan bersatu pun dapat mengalaminya.

Pada umumnya mereka yang memiliki orangtua lengkap mengalami broken home disebabkan oleh kedua orangtua yang sama-sama sibuk. Hal ini mengakibatkan aktivitas sehari-hari yang tidak seimbang. Ketika dirumah anak tidak mempunyai teman diskusi, dan ini membuat si anak ini lebih senang keluar rumah untuk melampiaskannya. Jika tempat yang baik yang si anak datangi, bagaimana kalau sebaliknya? Lalu bagaimana jadinya? Karena hal ini dapat mempengaruhi perkembangan mental si anak.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika sudah terjadi seperti itu? Menurut pengalaman yang saya alami ialah memunculkan kembali sosok orangtua yang sempat hilang. Walau saya dibesarkan oleh ibu saja, namun alhamdulillah tidak membuat saya menjadi lose. Karena perhatian ibu saya yang luar biasa.

Yang harus digaris bawahi, keadaan seperti ini juga dapat berpengaruh ketika si anak menjadi orangtua. Karena si anak akan meniru cara pola asuh yang telah diterapkan saat kecil. Dan bisa jadi pola asuh seperti itu akan terjadi secara turun menurun seperti mata rantai yang tidak akan putus.

Apa yang harus kita lakukan jika sudah terlanjur pola asuh itu diterapkan kepada kita sejak kecil. Putuskan mata rantai sampai pada masa pola asuh orangtua kita. Bukan berarti pola asuh yang orangtua terapkan tidak baik, namun coba kita evaluasi sendiri. Apa yang perlu diambil dan diterapkan kembali. Dan pola asuh seperti apa yang tidak sesuai dan tidak perlu kita tiru lagi.

Dhita Aristiariny
Saya pun akan menjadi pemutus rantai negatif yang pernah terjadi dihidup saya
Hari ke-20 
#30DWC

You Might Also Like

0 komentar