Yang sering terabaikan^^

10.21

Kesempatan kali ini saya ingin membahas hal yang tidak baik tapi sering kita lakukan dalam sehari-hari dalam sadar maupun tidak. Kalian pasti tahu jalankan? Jalan yang sering kita lewati setiap harinya baik itu jalan raya, jalan trotoar atau jalan depan rumah. Tapi adakah yang tahu jalan juga mempunyai hak-hak dan dalam islam telah diatur atas haknya itu? Yuks, sedikit kita bahas.

Jalan itu mempunyai hak-hak yang harus di hormati, seperti sama halnya dengan hak manusia. Rasulullah menyampai lewat haditsnya mengenai hak jalan yang harus dipenuhi orang yang berada di jalan. Abu Sa'id Al-khudri R.a meriwayatkan, Nabi SAW bersabda:
"Hindarilaholeh kalian duduk-duduk dipinggir jalan!" para sahabat bertanya,"Wahai rasulullah, kami butuh untuk duduk-duduk disitu guna memperbincangkan suatu hal?" Rasulullah menjawab" Jika kalian tidak bisa meninggalkan duduk-duduk disitu, maka berikanlah hak-hak jalan."mereka bertanya "Apa hak-hak jalan itu, wahai Rasulullah?" beliau menjawab" menundukan pandangan, menahan diri dari mengganggu, menjawab salam, amar ma'ruf nahi mungkar" (H.R Bukhari dan Muslim).

Dari hadits diatas saja Rasulullah sudah menjelaskan sebagian besar hak jalan yaitu menundukan pandangan, menahan diri dari mengganggu, menjawab salam, dan amar ma'ruf nahi mungkar. Selain itu juga ada salah satu hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah menjelaskan haramnya buang air kecil dan buang air besar di tempat berjalannya manusia (jalan umum). Ini nih yang sering kita lihat jika kita pergi ke tempat umum seperti terminal atau stasiun. Mereka tidak menindahkan atas hak-hak jalan. Padahal jelas-jelas islam mengaturnya.

Selain itu, ada hal yang di sunahkan ketika kita berada di jalanan yaitu menjauhkan segala hal yang dapat menganggu orang lain dari tempat mereka berjalan. Barangsiapa yang melakukan hal itu ketika di jalan, maka akan Allah berika pahala yang agung.

Luar biasa bukan islam itu. Mengatur hal-hal yang kadang kita sepelekan. Dari hal yang terkecil hingga hal yang besar islam atur hukum sedemikian rincinya. Siap jadi kaum muslimin yang berkontribusi dalam perubahan dunia. mulai dari hal-hal kecil seperti ini yuks. Bikin habits baru.

Dhita Aristiany
Jalan aja diatur haknya, aku juga mau menuntut hak, hak untuk bersanding sama kamu, iyaa kamu!! *abaikan ini*
Hari ke-26 #30DWC

You Might Also Like

2 komentar