Acara kok gitu?

15.42

Saat ini banyak sekali tayangan televisi yang kurang bermanfaat atau bahkan tidak layak ditonton. Dari mulai pamer harta, bullyan, saling serang, bahkan sampai cerita ala kekinian menghiasi acara-acara di televisi dari pagi hingga pagi lagi.

Miris rasanya melihat para generasi muda kita banyak dicekoki oleh tayangan tidak bermutu alias acara sampah. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena acaranya tidak patut ditayangkan, dengan adanya acara tersebut tidak memberikan manfaat bagi mereka yang melihat.

Terlebih sekarang jaman sudah semakin canggih. Banyak dari anak-anak kita yang dapat mengakses tayangan dengan mudahnya tanpa ada filter terlebih dahulu. Sedih rasanya ketika para petinggi pertelevesian itu seakan tutup mata akan acara yang ditayangkan.  Sekarang mereka hanya mengejar profit tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan dari tayangan tersebut.

Anehnya acara yang tidak bermutu itu bisa mempunyai rating yang sangat tinggi daripada acara yang lebih bermanfaat dan kayak akan ilmu pengetahuan. Sehingga para produsen produk berlomba-lomba untuk menjadi sponsor mereka. Aneh memang. Dan itulah keadaan yang terjadi di negeri kita. Negeri yang sebenarnya kaya akan potensi-pontensi anak bangsa yang dapat di asah, salah satu dengan memberikan tontonan yang layak bagi mereka.

Namun, bukan berarti tayangan yang ada di Indonesia tidak layak tonton semua. Tidak. Karena memang masih banyak acara-acara televisi di Indonesia yang berkualitas dan layak tonton. Ada beberapa tayangan berkualitas yang mengangkat nilai moral, kebudayaan, dan agama. Dan memang menurut survei dari KPI acara atau tayangan tersebut yang mendapat penilaian baik dan mendapat indeks skor 4.00 (Tertinggi). Jadi, itu bisa menjadi pilihan mendapat hiburan dari tayangan televisi, mendapat ilmu pengetahuan dan juga mendapat hiburan yang menyenangkan.

Lalu apa yang mesti kita lakukan atas hal ini? Sebaiknya alihkan kebiasaan nonton TV ke kegiatan yang lebih positif, membaca misalnya. Selain mendapatkan ilmu membaca juga bisa menjadi hiburan tersendiri. Takut ketinggalan informasi terkini kalau tidak nonton TV? Tenang saja, masih banyak media lain untuk mendapatkan informasi terkini. Jadi, sudah siap untuk mengurangi nonton TV?

Yuks lebih selektif lagi dalam memilih tayangan. Karena kita sendirilah yang dituntut untuk menjadi penonton yang cerdas. Bisa memilah dan memilih acara yang layak dan memberi manfaat jika ditonton. Dan yang paling penting selalu memfilter informasi yang didapat dari acara tersebut. Think smart.


Dhita Aristiariny 
Daripada liat Ganteng-ganteng hewan, mending liat gantengnya kamu *ehhhh *tutupmatabukanhak*
Hari Ke-4 #30DWC

You Might Also Like

0 komentar