Belalang kriukkkkkk *yummy*

11.18

Ada yang tau tentang belalang goreng ini? Yups, panganan khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Ada yang pernah nyoba? Enakkan kan? Dan dijamin ketagihan, hihi.
Ini bukan iklan loh, cuma mau sedikit cerita tentang pengalaman makan belalang goreng ini. Rasanyaaa luar biasa enak, kayak rasa udang-udang gimana gitu, hehehe.

belalang bacem namun tetep di goreng dan rasanya kriuuk hahahha

Panganan yang sedikit terdengar ektrim ini ternyata banyak sekali khasiatnya loh. Belalang ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan protein didalam tumbuh kita, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan.Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Sedangkan kandungan vitaminnya beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak. Luar biasakan kandungannya, enggak kalah deh sama panganan yg berprotein lainnya.

Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

"Kalau pada belalang yang masih segar, kandungan proteinnya sekitar 20 persen, tetapi pada yang kering sekitar 40 persen. Belum kulitnya yang juga mengandung zat kitosan seperti udang. Tetapi tergantung jenis belalangnya, pada musim-musim tertentu ada jenis belang yang kandungan vitaminnya lebih tinggi.  Belalang juga dapat  memenuhi 25 hingga 30 persen kebutuhan vitamin A," ungkap Ahmad di sela-sela kegiatan Nutritalk Jelajah Gizi Sari Husada di Gunung Kidul, Yogyakarta

Wiihhh keren nggak tuh, belalang ini enggak kalah sama daging sapi, percaya deh. yang paling penting sih kita berani enggaknya makan itu belalang, kalau aku sih berani *eh nggak nanya yah* hahaha
Oh iya, tapi hati-hati bagi kalian yang punya alergi, makan belalang ini bisa bikin kulit kalian gatel-gatel loh. Jadi, yang punya semacam alergi terhadap makanan kayak alergi makan udang harus waspada. Enggak maukan udah makan enak-enak berakhir dengan gatal-gatal hihi.

Kalian mau coba? Kalian bisa cari online, soalnya sekarang banyak yang jualanan secara online. Soal harga, belalang ini luamayan menguras kantong pas aku beli satu bungkus (@100gr) itu harganya Rp. 40.000,00 tapi rasa dan sensasi makanyanya mengalahkan harga hahahah

So, teman-teman mau coba? yuks coba dan rasakan sensasi makan kudapan khas gunung kidul ini :D

suimber info kandungan://health.kompas.com 

Dhita Aristiariny
makan belalang enggak lengkap rasanya kalau enggak di temenin kamu, iya kamu =))

You Might Also Like

0 komentar